informasi

Ini dia macam macam pemanis buatan yang penting anda ketahui !

Berawal dari banyaknya penyakit yang timbul akibat asupan gula yang berlebihan, pemanis buatan dijadikan alternatif pengganti gula. Meski mengandung kalori lebih kecil, pemanis buatan ini juga berpotensi menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Pemanis buatan adalah pengganti gula yang diproduksi melalui proses kimia. Pemanis buatan dianggap memiliki rasa manis yang lebih tinggi daripada pemanis atau gula biasa.


Berbagai Jenis Pemanis Buatan:

Ada beberapa jenis pemanis buatan yang sering digunakan dalam produk makanan dan minuman, yaitu:

  • Aspartame

Aspartame umumnya digunakan sebagai pemanis dalam permen karet, sereal sarapan, gelatin, dan minuman berkarbonasi. Pemanis buatan ini 220 kali lebih manis dari gula. Kandungan aspartam terdiri dari asam amino, asam aspartat, fenilalanin, dan sedikit etanol.

  • Sakarin

Rasa manis yang dihasilkan oleh sakarin mencapai 300-400 kali lebih kuat dari gula. Penggunaan sakarin dalam satu presentasi untuk makanan olahan tidak boleh lebih dari 30 mg. Sedangkan untuk minuman, tidak boleh lebih dari 4 mg / 10 ml cairan.

  • Sukralosa

Sucralose diproduksi dari sukrosa yang memiliki rasa manis 600 kali lebih kuat dari gula. Bahan ini biasa digunakan pada produk makanan yang dipanggang atau digoreng. Konsumsi harian sucralose yang ideal adalah sebanyak 5 mg / kg berat badan.

  • Acesulfame potassium

Bahan ini sangat stabil pada suhu tinggi dan mudah larut, sehingga sangat cocok untuk digunakan di banyak produk makanan. Batas konsumsi harian yang direkomendasikan untuk kalium asesulfam adalah 15 mg / kg berat badan.

  • Neotam

Pemanis buatan ini banyak digunakan dalam makanan rendah kalori. Secara kimia, isinya hampir sama dengan aspartame, tetapi rasanya 40 kali lebih manis daripada aspartame. Dibandingkan dengan gula rafinasi, tingkat kemanisan neotam mencapai 8.000 kali lebih tinggi. Neotam dapat dikonsumsi hingga 18mg / kg berat badan sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *