informasi

Ini dia manfaat telur bebek/itik

Telur itik adalah salah satu makanan yang biasa dikonsumsi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, apakah telur itik baik untuk kesehatan Anda? Mari kita bahas kelebihan dan kekurangan telur bebek dalam hal nutrisi.

Selain mengandung protein, lipid dan antioksidan, telur bebek juga mengandung multivitamin dan mineral. Misalnya, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin D, folat, selenium, kalsium, zat besi, magnesium, seng dan mangan. Untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan telur bebek, artikel ini akan menyertakan telur ayam sebagai perbandingan. Ayo lihat.

Tahu kelebihan dan kekurangan telur bebek – Alodokter
Manfaat telur bebek

Telur bebek mengandung 130 kalori, 9 gram protein, 1 gram karbohidrat, 100 mg natrium, 150 mg potasium, 154 gram fosfor dan 600 mg kolesterol. Telur ayam mengandung 60 kalori, 5,5 gram protein, 0,3 gram karbohidrat, 60 mg natrium, 60 mg kalium, 85 mg fosfor dan 165 mg kolesterol.

Dari data ini, kita dapat mengamati bahwa kadar protein dalam telur bebek lebih tinggi. Protein adalah komponen penting untuk pembangunan dan perbaikan berbagai jaringan tubuh, seperti kulit, darah, tulang, dan otot. Selain itu, tubuh juga menggunakan protein untuk menghasilkan enzim dan hormon penting.

Keuntungan protein lain adalah membantu tubuh merasa kenyang. Karena ada lebih banyak protein dalam telur bebek, telur-telur ini bisa membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama daripada makan telur ayam.
Kurangnya telur bebek

Di balik keunggulannya, telur bebek juga memiliki kekurangan. Menurut angka gizi di atas, kadar kolesterol telur bebek cukup tinggi. Bahaya kolesterol tinggi tidak bisa diremehkan.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak di dinding pembuluh darah arteri, yang meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis). Kondisi ini dapat mengganggu aliran darah ke jantung, otak, dan seluruh tubuh.

Selain itu, penyumbatan pembuluh darah juga dapat menyebabkan beberapa penyakit, seperti penyakit arteri perifer, stroke, dan bahkan serangan jantung. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, disarankan untuk tidak menyalahgunakan telur bebek.

Hal lain yang bisa menjadi kekurangan telur bebek adalah memiliki kalori tinggi. Kelebihan makanan berkalori tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika tidak disertai dengan olahraga teratur.

Jadi Anda bisa makan telur bebek, asalkan porsinya tidak berlebihan. Selain itu, telur itik ditransformasikan menjadi telur asin. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui berapa banyak telur bebek yang dapat Anda konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *