informasi kesehatan

Mata anda lelah? atasi dengan cara ini !

Mata yang lelah sering menyebabkan ketidaknyamanan dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama jika kondisi ini terjadi selama kegiatan seperti belajar, bekerja, atau ketika mengendarai kendaraan. Mata yang lelah umumnya bukan masalah serius dan bisa menghilang dengan sendirinya setelah Anda beristirahat.

Mata yang lelah digambarkan sebagai gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan mata dalam jangka panjang tanpa istirahat.

Kondisi mata yang lelah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

Kendarai kendaraan dengan jarak jauh.
Menatap layar komputer atau gadget untuk waktu yang lama.
Terlalu lama membaca.
Memiliki kelainan refraksi mata.
Lihat terus menerus di kamar-kamar cahaya rendah.
Paparan cahaya yang terlalu terang atau menyilaukan.

Apa Gejala Mata Lelah?

Mata yang lelah dapat diidentifikasi dengan beberapa gejala yang sering terjadi, termasuk:

Mata itu menyakitkan, menyakitkan atau gatal.
Mata berair atau kering.
Visi kabur atau bayangan.
Mata lebih sensitif terhadap cahaya.

Gejala mata juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti rasa sakit di bahu, leher, punggung, dan sakit kepala. Beberapa gejala ini akan lebih terasa jika Anda kurang tidur. Sebab, tidur yang cukup sangat penting bagi mata. Selama tidur, mata juga akan beristirahat dan mendapatkan nutrisi untuk perbaikan jaringan, sehingga mata yang lelah dapat diatasi. Kurang tidur sama dengan mengurangi atau mengganggu proses mengistirahatkan mata.

Cara Mencegah Mata Lelah

Mata yang lelah sangat erat kaitannya dengan pekerjaan seseorang. Beberapa hal di bawah ini bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Sesuaikan pencahayaan dan posisi layar komputer
Menyesuaikan pencahayaan layar komputer dapat dilakukan dengan bantuan filter. Saat bepergian dengan komputer, pastikan untuk selalu menjaga jarak yang aman antara layar dan mata, yaitu sekitar 50-60. Agar jarak mata dan layar komputer ideal, maka gunakan kursi yang bisa diposisikan.
Perhatikan pencahayaan ruangan

Usahakan agar pencahayaan ruangan tidak terlalu terang, agar tidak menyilaukan mata, termasuk menyesuaikan arah pencahayaan. Pastikan untuk selalu menjaga layar komputer tetap bersih agar pencahayaan tetap ideal.

Beristirahatlah secara teratur selama 20 detik

Saat mengoperasikan komputer atau membaca, Anda disarankan untuk beristirahat sejenak dari aktivitas ini. Beristirahatlah setiap 20 menit, lalu istirahatkan mata Anda setidaknya selama 20 detik.

Perawatan mata
Mata yang lelah juga dapat dicegah dengan perawatan mata, termasuk mengompres mata dengan kain yang dibasahi air hangat, atau menggunakan obat tetes mata untuk menyegarkan mata ketika mata mulai terasa kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *